PROFIL YAYASAN
Profil Yayasan
Yayasan Khazanah ilmu Al-islami
Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Khazanah ilmu Al-islami
Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Khazanah ilmu al-islami, yang dibentuk dengan semangat kasih sayang terhadap anak. Hal tersebut diwujudkan dengan memberikan kesempatan mendapatkan pendidikan yang terbaik.
Yayasan didirikan pada 4 desember 2015, dengan akta notaris nomor AHU-0029059.AH.01.04.Tahun 2015 sekaligus dengan pengesahan dari kemenhukam.
Yayasan yang berazaskan Islam ini bersifat terbuka yang akuntabel, modern, dan demokratis sehingga menjadi yayasan yang sehat, efisien, kreatif, dan produktif.
Kegiatan yayasan
Bidang Pendidikan
Menyelenggarakan pendidikan tingkat SD
Menyelenggarakan pendidikan inklusi
Menyelenggarakan pelatihan pengembanan karakter dan lifeskill untuk anak dan remaja
Konsultasi psikologi
Menyelenggarakan pelatihan guru
Parenting
Bimbingan belajar tingkat TK,SD,SMP,SMA
Kursus kewirausahaan dan persiapan kemampuan dalam bekerja (umum)
Bidang Sosial
Pemberian beasiswa
Beasiswa anak penghafal qu’an
Pelatihan gratis bagi peserta tidak mampu
Bakti sosial
Penyuluhan bagi orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus
Pelatihan gratis pengembangan profesi guru
Profil Sekolah Dasar Unggulan Al -Izzah Bandung
NAMA SEKOLAH : SD UNGGULAN AL-‘IZZAH BANDUNG
STATUS : SWASTA
TAHUN BERDIRI : 2016
IZIN OPRASIONAL : 0001/IPSPDSD/II/2023/DPMPTSP
NPSN : 70038570
ALAMAT : JL. CIGENDING NO. 10
KELURAHAN : PASIRWANGI
KECAMATAN : UJUNGBERUNG
KOTA : BANDUNG
PROVINSI : JAWA BARAT
EMAIL : sdualizzahbdg@gmail.com
WEBSITE : https://sdual-izzahbandung.sch.id
SD Unggulan Al-Izzah Bandung Kota Bandung merupakan sekolah yang berada dinaungan Yayasan Khazanah Ilmu Al-Islami dengan Akta Pendirian Nomor: AHU-0029059.AH01.04. Tahun 2015. Terletak dilokasi yang cukup strategis dengan daerah yang padat penduduk, tepatnya di Jln. Cigending No. 10 RT.02 RW.02, Kel. Pasirwangi, Kec. Ujungberung, Kota Bandung 40618 Telp. (022) 7803425.
Sekolah ini didirikan pada tahun 2016, dan mulai beroprasional pada tahun pelajaran 2016-2017, dengan luas tanah 493 m2. Dan 70 m2 (terdiri dari 2 Sertifikat) dalam satu hamparan. Sejak sekolah tersebut dibangun hingga saat ini tentunya telah mengalami perubahan fisik walaupun belum seluruhnya, sesuai dengan kebutuhan kelas setiap tahunnya.
Rencana pengembangan sekolah untuk memenuhi standar mutu pendidikan dalam bidang sarana prasarana, Sekolah dengan dukungan Yayasan akan membebaskan lahan disekitar sekolah, disamping kanan dan depan pinggir jalan cigending, yang luasnya kurang lebih 300m2, jadi Inyasallah sudah memenuhi syarat minimal jika pengembangan pembangunan sekolah dibangun 2 lantai cukup dengan luas 863 m2. Lokasi ini tentunya sangat strategis mengingat sekolah ini berada dipemukiman yang padat penduduk dan dekat sekali dengan sarana dukungan layanan lainnya.
Sebagaimana layaknya sekolah pada umumnya, SDU Al-‘Izzah Ujungberung Kota Bandung, menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 dan kurikulum lokal, serta Pembelajaran tambahan yang merupakan Kurikulum Unggulan yaitu Tahfidzul Qur’an, BTAQ, Pendidikan Agama Islam yang bermuatan Materi Fiqih, AL-Qur’an Hadits, Akidah Akhlaq dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sebagaimana Kurikulum KEMENAG serta Pembelajaran Plus Yaitu Bahasa Arab yang digunakan untuk keseluruhan jenjang kelas, yakni kelas 1 (satu) sampai dengan kelas 6 (enam) dan Bahasa Inggris yang dimulai dari kelas 4 sd. 6 dengan pendekatan pembelajaran tematik terpadu dan juga pendekatan mata pelajaran untuk beberapa muatan mata pelajaran.
Tenaga pendidik dan kependidikan yang dimiliki oleh SD Unggulan Al-‘Izzah Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung berjumlah 21 orang. Tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi akademik S1 berjumlah 14 orang, pendidikan D2 1 orang, sedang menempuh kuliah S1, 8 orang.
A. Visi Sekolah
Visi Sekolah SD Unggulan Al-Izzah Bandung Kecamatan Ujungberung Kota Bandung adalah :
“Terwujudnya Sekolah Unggulan yang Berciri Islam, Berjiwa Al-Qur’an Berwawasan Global serta Berbudaya Lingkungan Sehat”
- Dengan Indikator sebagai berikut :
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki sikap dan prilaku yang berpedoman pada al-Quran dan Hadits
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki pretasi dalam Tahfidzul al-Quran Minimal Juz 30, Juz 29 serta surat-surat pilihan
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki kemampuan dasar dalam berbahasa asing (Bahasa Arab dan Inggris)
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki prestasi, baik individu maupun kelembagaan
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki sikap dan perilaku cinta dan ramah terhadap lingkungan sehat
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki jiwa nasionalisme
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki budaya dan karakter luhur (Ahlakul Karimah) seperti disiplin, berani, mandiri, religius, jujur, bertanggungjawab, percaya diri, sopan dan santun, khusussnya penguatan profil pelajar pancasila
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki kemampuan dasar dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan Penerapan KBM Berbasis Digital School.
- Terwujudnya kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan sekolah
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki kompetensi dan Kecakapan sesuai dengan Fitrahnya. Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.
B. Misi Sekolah
Untuk mewujudkan visi di atas, maka SD Unggulan Al-‘Izzah Bandung Kecamatan Ujungberung Kota Bandung mengembangkan misi sebagai berikut :
“Mengembangkan sistem pembelajaran yang mampu membekali anak didik dengan kecerdasan jasmani, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual”.
Untuk mewujudkan misi tersebut di atas ditempuh dengan beberapa strategi sebagai berikut :
- Mendidik dan membiasakan anak dalam kehidupan yang agamis, serta menciptakan lingkungan yang kondusif.
- Melakukan kegiatan belajar yang dilakukan dengan metode pendidikan Islam melalui dialog dan kisah Qur’ani, perumpamaan, keteladanan, praktek dan perbuatan, ibroh (merenung & berfikir) dan mauidzhoh (nasihat) serta targhib dan tarhib (penghargaan & hukuman)
- Mengembangkan potensi siswa dalam mempraktekan/membiasakan berbahasa asing terutama bahasa arab dan bahasa inggris, dengan pembiasaan menghafal kosa-kata/ungkapan sederhana terkait benda-benda yang berada dilingkungan sekolah/rumah
- Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong dalam dimensi penguatan Kakarakter Profil Pelajar Pancasila
- Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik dalam penguatan Kakarakter Profil Pelajar Pancasila
- Pembiasaan Kegiatan Pembelajaran dengan Berbasis Teknologi dalam mewujudkan Program KBM-Berbasis Digital School
- Mewujudkan konsep pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang terintegrasi dengan Kurikulum Lokal
- Pembiasaan sikap dan prilaku Qur’an sunnah dengan Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orang tua