Metode Talaqqi, Salah Satu Metode Terbaik Menghafal Al-Quran tingkat SD di kota Bandung

U

Untuk menjadi seorang hafidz atau penghapal Al-Quran, banyak metode yang bisa dilakukan. Pada intinya semua metode tersebut menuntun pada satu tujuan yang sama yakni menghafalkan Al-Quran. Salah satu metode terbaik dalam menghafal Al-Quran adalah Metode Tallaqi cocok untuk tingkat SD di Kota bandung. Dalam dunia penghafalan Al-Quran, metode ini sudah sangat banyak dipakai oleh para hafidz. Tapi apa sih sebenarnya metode Talaqqi itu? Dan bagiamana caranya? Berikut ini penjelasan singkat mengenai metode Talaqqi.

Metode Talaqqi merupakan sebuah cara belajar mengajar Al-Quran dari Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. Lalu dari sahabatnya itu diteruskan ke anak-anaknya, lalu berlanjut ke generasi berikutnya, dan seterusnya sampai saat ini. Metode ini berdasarkan para penghafal Al-Quran merupakan metode yang paling lengkap ketika mengajarkan bacaan Quran yang baik dan benar. Tak hanya itu, Talaqqi juga merupakan metode yang paling gampang diterima oleh banyak kalangan. Talaqqi menjadi metode yang sekaligus menjadi bukti sejarah keaslian Al-Quran yang merupakan bersumber dari Allah SWT.

Talaqqi dari sudut pandang bahasa diambil dari kata yang artinya belajar secara langsung dihadapan seorang guru. Talaqqi juga disebut Musyafahah yang artinya dari mulut ke mulut. Dalam metode ini, para pelajar memperhatikan gerak bibir sang guru agar mendapatkan pelafalan dengan makhraj yang benar.

Allah berfirman dalam Al-Quran: “Dan Kami (Allah) telah membacakan (Al-Quran itu) kepada (Muhammad) secara tartil” (QS Al-Furqan: 32)

Lalu dalam Hadist pun Nabi bersabda: “Ambillah bacaan Al-Quran itu dari empat orang, yaitu: Abdullah Ibnu Mas’ud, Salim, Mu’az bin Jabal dan Ubai bin Ka’ad” (HR. Bukhari, Kitab Fadhail Amal, Bab Al-Qurra min Ashbab Al-Nabiy)

Lalu ada juga hadist yang menyebutkan bahwa Jibril selalu membacakan dan memperdengarkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad secara berkala sampai beliau merasakan kehadiran ajalnya. Banyak lagi hadist dan ayat Al-Quran yang menyebutkan hal-hal sejenis. Dari ayat dan hadist tersebutlah diketahui bahwa Talaqqi merupakan salah satu metode menghafal dan belajar membaca Al-Quran yang sudah ada sejak zaman nabi. Talaqqi sampai sekarang masih menjadi salah satu metode favorit untuk belajar membaca, melafalkan, dan menghafalkan Al-Quran.

Butuh Bantuan? Chat kami